Thursday, June 23

Obsessive Compulsive Disorder







Saya yakin kalian pernah melakukan ini: menggoyang-goyangkan kaki, memainkan pulpen, menggigit-gigit jari, mengetuk-ngetuk meja, apalagi jika suasana sedang tegang atau saat bosan. Kalian melakukan itu secara berulang-ulang, namun justru rasa nyaman yang didapat. Mungkin benar mungkin kebetulan, hal itu merupakan sebagian dari tanda kecil pengidap Obsessive Compulsive Disorder atau bahasa kerennya OCD.
OCD adalah suatu jenis gangguan psikologi. Ciri utama penderita OCD adalah tidak mampu menahan keinginan untuk mengulang-ulang sesuatu yang sedang dikerjakannya. Kegiatan itu dilakukan untuk menekan rasa cemas, ketidaknyamanan, perasaan takut, dan biasanya akan memberikan efek lega, nyaman, dan puas.
Contoh yang parah dari OCD adalah ketika seseorang mencuci tangannya berulang kali karena takut terkontaminasi virus. Bahkan yang lebih parah, di Amerika ditemukan seorang penderita OCD yang tidak mampu menekan keinginannya untuk terus meminum air. Jika keinginan ini ditekan, maka ia bisa meminum air dari vas bunga dan air apapun yang ditemuinya. Parah kan? Mungkin kalian ada yang seperti itu. Untung saya tidak sampai separah itu.
Sudah menjadi kebiasaan OCD saya semenjak sekolah hingga kini adalah menggoyang-goyangkan kaki. Pernah pada waktu suatu pelajaran di SMA dulu, teman-teman saya pada protes karena mereka terganggu dengan kegiatan saya itu (waktu itu di laboratorium bahasa yang lantai kelasnya berundak memakai panggung kayu, jadi bisa goyang). Anehnya, saat teman-teman di sekitar merasa terganggu karena tulisannya jadi jelek karena bergoyang, saya justru nyaman bahkan tulisan saya baik-baik saja.
Lalu perilaku aneh saya lainnya yaitu saya yang sok perfeksionis. Jujur saya merasa malas membaca suatu tulisan jika di sana ditemukan ejaan yang salah. Bahkan waktu kegiatan kuliah saat dosen memberikan materi, yang tadinya semangat namun begitu ketemu ejaan yang salah pada presentasi dosen, langsung deh down itu semangat. Lainnya yaitu saat menulis sesuatu. Contoh pas ujian, saya tidak bisa hanya sekali menyilang jawaban. Pasti akan berkali-kali hingga jawaban itu tebal betul. Bahkan saat menulis di tengah jalan tiba-tiba pulpen mulai menipis, maka pasti dengan pulpen baru tulisan itu akan saya ulang dengan menebalkannya hingga tulisan menjadi tak karuan, tapi saya puas.
Waktu membaca koran, saat selesai saya harus menata koran itu kembali sesuai dengan urutannya. Mulai dari ututan halaman sampai urutan rubrik. Rasanya seperti ada yang mengganjal saat koran disusun terbalik atau ada halaman yang hilang. OCD saya yang lain adalah tak bisa melihat lipatan yang tidak simetris. Semisal melihat karpet di manapun, rasanya mengganjal kalo melihat ujung karpet itu ada yang terlipat. Seringnya sajadah di rumah. Siapa pun yang baru saja menggunakannya pasti tidak melipatnya, atau hanya melipat sekenanya. Saya tak bisa menekan keinginan saya untuk melipat sajadah itu secara simetris, ujung ketemu ujung tepi ketemu tepi.
Ini contoh film pendek yang mengangkat kelainan ini. Buffer yak! :)



Mungkin ini suatu kelainan. Tapi selama ini tidak parah, saya kok malah merasa biasa saja. Justru seperti contoh di atas, saya merasa menjadi orang yang menuntut penuh perfeksionitas. Mungkin ada teman-teman yang maun berbagi cerita tentang OCD-nya?



2 comments:

  1. gambar itu mengingatkan saya pada sebuah masa lalu...(waktu gw kecil, gw gk mau banget kalo lagi belajar diliatin sama ortu...kalo diliatin nanti jadi kayak gitu deh...XD)...admin : poncolgate.blogspot.com... XD

    ReplyDelete
  2. @De_Histology
    Bhahahahahahaha....
    pasti risih banget kalo lagi apa-apa diliatin.. apalagi kalo lagi makan..

    ReplyDelete

Mohon tinggalkan jejak kawan..

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html