Saturday, January 28

Pa-ca-ran






               Eh eh udah pada tau kan kalo saya ini single? Hah? Gak percaya? Baca di sini! Terus? Terus saya mau kasih tau sesuatu. Bahwa saya masih tetap on the track, saya masih di jalur saya, bukan jomblo tapi single. Hah? Gak percaya? Ulangi baca dari atas deh! Ya, saya single. Kalo di postingan sebelumnya saya mengatakan bahwa single itu prinsip, di sini saya mengakui bahwa itu adalah nasib. Ya, nasib saya karena memiliki prinsip seperti itu.
               Kehidupan asmara saya biasa saja, tapi bukan berarti saya begitu menyedihkan. Tidak, tidak sama sekali. Yang menyedihkan adalah macam-macam pikiran orang-orang terhadap saya. Ada yang bilang saya payah, saya kuper, saya freak, bahkan yang paling kejam adalah orang menyebut saya homo. WHAT THE EARTH, kalian kejam. Bahkan tante seksi depan rumah bertanya ke Ibu saya, apa saya doyan perempuan apa enggak. Meh, pertanyaan macam apa itu?



Ilustrasi tante seksi.


               Jadi, kenapa saya tidak pacaran saja? Nah pertanyaan seperti inilah yang sulit dijelaskan secara gamblang. Kalo saya jawabnya: “Males ah”, pasti akan ada banyak spekulasi di masyarakat. Sebagian men-judge saya sok, sebagian lagi mengira saya homo. Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan tadi, diperlukan sebuah jawaban diplomatis sesuai dengan prinsip saya.
               Pertama saya akan balik bertanya: “Apa sih pacaran itu?”. Hayo apa pacaran itu? Apakah pacaran itu artinya cowok cewek jajan bareng, cowok nyilet nama cewek di tangannya, cewek nulis nama cowok di toilet, cowok cewek boleh pegangan tangan, cowok cewek boleh ciuman, cewek boleh nyuruh-nyuruh cowok, cowok boleh mainin cewek, jadi sebenarnya apa pacaran itu? Pacaran adalah penjajakan menuju jenjang pernikahan. Nah ini benar. Tapi apa ini alasan muda-mudi kita pacaran? Tidak. Lagipula apa orang-orang itu yakin pacar mereka sekarang adalah yang akan jadi suami atau istri mereka nanti?
               Definisi saya, diambil dari pandangan umum, bahwa pacaran adalah suatu keterikatan hubungan yang secara tidak langsung memaksa satu pihak untuk menyerahkan sebagian haknya kepada pihak satunya dan juga usaha untuk melegalisasi perbuatan-perbuatan yang sebelumnya tidak diperbolehkan. Huh panjang bener, harus masuk ensiklopedi nih. Tapi setuju gak dengan pendapat saya? Atau malah justru pusing?
               Ya, pacaran sama saja menyerahkan sebagian hak kepada pacar. Khusus cowok nih, yang tadinya kamu berhak ngobrol sama siapa saja, eh pas pacaran kamu gak boleh deket-deket sama si ini si anu si ita si itu. Yang tadinya kamu boleh bangun dan tidur kapan saja, eh pas pacaran kamu harus bangun pagi-pagi buat nyapa doi atau nganterin doi sekolah, ke pasar, ke empang buat berak, ke kali buat nyuci, juga harus tidur paling akhir buat ngelayanin SMS doi, karena cewek gak terima alasan kita pas kita ketiduran dan gak bales SMS doi. Dan kalo sialnya pacar kita posesif dan egois banget, doi bakal merampas semua hak kasih sayang kita, kita gak boleh sayang ke lain makhluk kecuali doi.
               Dan lagi, pacaran seolah membolehkan perbuatan-perbuatan yang sebelumnya gak boleh dilakuin. Pertama pegang tangan. Coba sebelum pacaran kamu pegang tangan doi, kalo gak lagi lebaran pasti kamu bakal dikira kurang ajar. Tapi kalo pegang tangan pas pacaran, beuh romantis katanya. Kedua ciuman. Coba sebelum pacaran kamu cium doi, kalo doi gak kamu guna-guna pasti tinju doi nempel ke muka. Tapi kalo ciuman pas pacaran, beuh tanda sayang katanya. Ketiga seks. Ini yang sangat ironis dan naudzubillah amoral. Atas nama cinta dan sayang, dua makhluk non-marital sok-sokan jadi suami istri, ke hutan aja gih!
               Semoga gak tersinggung ya sama pernyataan saya di atas. Dan jika tersinggung, mohon instropeksinya ya. Tapi betul gak kalo pacaran di kamus generasi muda kita seperti itu? Gak, gak semua seperti itu. Kan sudah saya bilang di awal, saya bilang begitu karena mengambil dari sudut pandang umum. Tentu saja semuanya tidak bisa digeneralisasi. Masih banyak kok pacaran yang sehat. Ya, saya mengakui pacaran sehat, tapi saya gak yakin jumlahnya masih ada banyak. Dan yang terakhir inilah track saya, pacaran sehat. Tapi sulit mencari pasangan yang sehat jaman sekarang. Oh ya, barusan saya pulang dari midodareni temen SD. Temen saya ngegodain saya: “Kapan nyusul?”. Nha teman satunya bilang: “Ah dari wajah-wajahnya sih masih jauh, kayak gak mikir-mikir gituan”. Entah ya perasaannya antara tersinggung dan bangga. Tersinggung kalau yang dia maksud saya gak doyan cewek, dan bangga kalau yang dia singgung adalah prinsip saya.
               Kesimpulannya, tujuan pacaran bukan mencari kesenangan seperti apa yang muda-mudi kita sekarang lakukan. Pacaran adalah masa penjajakan untuk ke jenjang pernikahan. Lalu bagaimana kalau pacar yang kita jajaki tidak cocok untuk dijadiin pasangan? Itu artinya Anda belum mengenal pacar Anda lebih dalam sebelum memutuskan pacaran. Jadi sebelum pacaran putuskanlah apakah ia layak jadi pasangan atau tidak. Jadi orientasinya gini, sebelum memutuskan seseorang jadi pacar, kamu juga harus dapat melihat ke depan apakah ia juga layak jadi istri/suami. Kalau gak yakin, ngapain pacaran? Jadinya kembali lagi ke pertanyaan tadi, apa kalian yakin pacar kalian sekarang yang akan jadi istri atau suami kalian nanti?

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak kawan..

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html